” Pemboran ” kata yang salah

Solanang

Bojonegoro
JOB Pertamina Petrochina pet A kemarin sukses melaksanakan Doa bersama, walaupun diluar ditunggu para pengunjuk rasa.

Namun semua dapat diselesaikan dengan baik tanpa adanya suatu insiden apapun, kami selaku ” PARTNERS ” PLOSO JENAR sudah siap untuk menanggulangi semuanya dan kami menyebar ke setiap sudut bergabung dengan penungjuk rasa.

Namun yang saya sesalkan di BACKDROP Petrochina ada tulisan ” PEMBORAN ” hal ini jelas salah dalam kaidah bahasa Indonesia.
Untuk ini lain waktu kami mohon perhatian dan kehati-hatian dalm penulisan bahasa, klo perlu nanya pada yang lebih tahu terlebih dahulu.

Mungkin yang benar adalah ini
Kedua kata berimbuhan ini tidak dapat dibiarkan berdiri bersamaan sebab yang satu salah (‘pemboran’ dan ‘membor’), yang lain benar (‘pengeboran’ dan ‘mengebor’) berdasarkan kaidah kebahasaan. Maka tidak mengherankan bila buku-buku terbitan Pusat Bahasa tidak lagi memuat ’pemboran’ dalam KBBI edisi terakhir. Dalam KBBI edisi-edisi sebelumnya, kedua kata itu dimuat, tetapi ‘pemboran’ tidak didefinisikan, melainkan diberi simbol tanda panah untuk melihat ke ‘pengeboran’ . Dengan cara itu, artinya kata ‘pemboran’ tidak baku, sementara ‘pengeboran’ baku.

Demikian kami penulis mohon maaf.
Plosojenar 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s